Tips Trik dan Panduan untuk Liburan ke Gunung Bromo

Tips Trik dan Panduan untuk Liburan ke Gunung Bromo – Nyatanya, sharing panduan wisata lewat situs (blog) ini dapat menolong beberapa orang dalam berencana perjalanannya. Seperti post saya terlebih dulu, Panduan serta Trick Wisata ke Bandung, saya coba sharing pengalaman saya, istri serta sepupu saya saat nikmati keindahan Gunung Bromo yang demikian menarik.

Mudah-mudahan lewat tulisan ini pembaca dapat peroleh pengalaman yang menarik saat lakukan perjalanan Liburan ke Gunung Bromo, bahkan juga saya berharap dapat memperoleh pengalaman yang tambah baik dari pada yang saya peroleh.

Gagasan perjalanan saya Liburan ke Gunung Bromo telah direncanakan mulai sejak lama, namun karna terbatasnya saat kami (saya serta istri) jadi pegawai kantoran buat kita sering kali tunda kepergian.

Peluang berkunjung ke gunung Bromo ini pada akhirnya dapat terwujud saat kami kebetulan mempunyai acara keluarga yang di Surabaya pada tanggal 12 Mei kemarin.

Sayangnya, saat adittimarwah untuk ada di Surabaya ini begitu terbatas, serta kami juga sangat terpaksa mengatur saat demikian rupa supaya dapat menghadiri acara keluarga sekalian wisata ke Gunung Bromo.

Pengalaman berkunjung ke Gunung Bromo buat kami begitu berkesan. Dinginnya udara yang menusuk tulang terbayarkan dengan keindahan Gunung Bromo yang susah dilukiskan dengan kalimat.

Ada beragam peristiwa yang enak serta tidak enak yang adittimarwah alami sepanjang perjalanan ini. Peristiwa yg tidak mengenakkan beberapa besar karena sebab kami kurang lakukan persiapan yang masak.

Lewat tulisan ini, saya mengharapkan pembaca dapat pelajari apa yang saya alami serta dapat berencana perjalanan yang tambah baik.

Panduan Liburan ke Gunung Bromo

Siapa yg tidak kenal dengan Gunung Bromo, gunung berapi yang masih tetap aktif serta telah jadi tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal ataupun asing di daerah Jawa Timur. Satu diantara kekhasannya yaitu gunung ini terdapat di tengahnya lautan pasir yang luas, hal semacam ini berikan kesan kontras serta kering, lain dengan daerah pegunungan beda di Jawa. Budaya orang-orang Tengger yang masih tetap kental juga menaikkan daya tarik gunung ini.

Estimasi dan Biaya Perkiraan

Anda dapat mulai dari Malang ataupun dari Surabaya. Dalam bahasan kesempatan ini saya pilih rute Surabaya. Cost kereta api Gumarang (Dari Jakarta) dengan kelas usaha dengan tarif Rp. 280. 000, – Perjalanan dari Jakarta – Surabaya menelan saat sekitaran 12 Jam (bergantung dengan kondisi kereta terhandat atau lancar)

Disarankan : Surabaya – Probolinggo
Tiba di Surabaya persisnya di stasiun Pasar Turi, setelah itu dapat mencari bus antar kota menuju pasuruan (tosari) atau maksud ke terminal probolinggo. Lama perjalanan lebih kurang 2 Jam dengan tarif bus sebesar Rp. 15. 000, – Daerah paling dekat dengan bromo bila lewat probolinggo desa cemara lawang.

Alternatif : Surabaya – Malang
Tiba di Surabaya persisnya di stasiun Pasar Turi, maksud selanjutnya anda mesti ke Malang Lama perjalanan lebih kurang 2 Jam dengan tarif bus sebesar Rp. 15. 000, –

Sesampai di Malang anda dapat menyewa elf atau angkot menuju Pananjakan. Walau demikian untuk Liburan ke Gunung Bromo serta sekelilingnya anda harus meneyewa Jeep yang memanglah ada spesial untuk medan itu.

Tarif untuk Jeep sendiri sekitaran Rp. 800. 000, – spesial Pananjakan saja namun ini belum juga dengan tempat di sekitaran Bromo. (untuk ke tempat tempat wisata yang beda dipakai cost penambahan). Pananjakan ini yaitu viewpoint yang populer di Bromo. Dari sini anda dapat lihat gunung Bromo serta lautan pasir di sekelilingnya.

Di viewpoint Pananjakan kita berhenti lalu menanjak sekitaran 200-300 mtr. lebih kurang untuk menjangkau tempat buat lihat Sunrise. Bila anda malas jalan ada ojek yang bersedia mengantar anda dengan biaya Rp 20, 000.

Paling mudah & Murah

Jika Anda tidak mau ribet dan ingin lebih mudah dan murah, bisa membeli sebuah paket Wisata Bromo.Tips Trik dan Panduan untuk Liburan ke Gunung Bromo

Anda hanya tinggal duduk manis dan akan diantarkan oleh travel penyedia paket Liburan ke Gunung Bromo.

Akomodasi yang Tersedia

Untuk penginapan pada waktu Liburan ke Gunung Bromo banyak tersedia tempat seperti villa, ataupun tempat tinggal masyarakat yang dapat jadikan tempat menginap. Anggarkan cost penginapan di penginapan simpel Rp. 500. 000, – atau bila anda menginginkan menyewa villa untuk beramai-ramai ongkosnya sekitaran Rp. 1.000. 000, –

Makanan yang ada

Di Bromo tidak sering temukan restoran yang buka pada malam hari, namun masih tetap banyak tersedia warung yang jual makanan simpel seperti mie, nasi goreng serta jagung. Kami anjurkan supaya anda membawa perbekalan makanan instan seperlunya.

Ticket Masuk

Untuk menuju ke wisata Bromo wisatawan lokal:

  • Rp 27. 500, – Weekday
  • Rp 37.500,- Weekend

Objek Wisata yang ada di Bromo

Tangga ke Puncak Gunung Sunrise di Bromo sangat popular, bersiaplah untuk berdesak-desakan dengan turis yang lain yang menginginkan mengabadikan peristiwa ini.

Diluar itu anda dapat juga naik sampai ke kawah gunung Bromo, perjalanan menelan saat sekitaran 30 menit. Bila anda malas jalan anda dapat menyewa kuda seharga Rp 70, 000. Diluar itu masih tetap ada lautan pasir yang dipakai dalam syuting film ’Pasir Berbisik’ yang di bintangi oleh Dian Sastro serta Christine Hakim.

Tak tahu mengapa diberi nama pasir berbisik, mungkin saja karena karna apabila kita mendekatkan kuping di atas pasir itu juga akan ada nada bisikan yang berlangsung karena tiupan angin.

Sekitaran 45 menit naik mobil ke arah Probolinggo, anda dapat berkunjung ke air terjun Madakaripura, air terjun yang kental dengan nuansa historis Majapahit ini sayang untuk ditinggalkan apabila anda memiliki saat lebih di Bromo.

Itinerary Perjalanan yang baik :

Apabila anda menginginkan lihat sunrise di Bromo baiknya bangun pagi-pagi saat pergi ke Pananjakan, karna juga akan banyak Jeep yang mengantar wisatawan yang lain, jadi makin pagi kita datang jalan menuju lokasi tidaklah terlalu jauh serta masih tetap dapat mencari tempat buat duduk untuk lihat sunrise. Saat itu saya hingga Pananjakan sekitaran jam 4. 30 serta itupun telah agak terlambat karna telah ramai.

Perhitungan Cuaca

Saat saya bertandang, keadaan cuaca di Bromo agak mendung serta pernah gerimis namun tidak hujan deras. Saat itu begitu disayangkan saat saya ke sana cuaca sekali lagi berawan jadi matahari agak tertutup dengan awan. Pastinya musim kemarau sekitaran Bln. Juli – September yaitu waktu yang pas karna anda juga akan memperoleh view Gunung Bromo yang jernih serta tidak tertutup awan.

Barang Bawaan

Sepanjang waktu Liburan ke Gunung Bromo tak perlu banyak membawa barang bawaan, barang anda dapat tinggal di penginapan atau dapat pula ditempatkan didalam Jeep. Hingga akan tidak menyusahkan anda jalan nanti.

Panduan Sederhana tapi Bermanfaat

  • Bawa barang sekedarnya saja janganlah sangat banyak barang bawaan hingga juga akan menyulitkan langkah perjalanan anda.
  • Bawa Jaket, Penutup Kepala, Syal, Sarung tangan, Kaos Kaki karna cuaca di Bromo begitu dingin.
  • Lebih dianjurkan menggunakan sepatu.
  • Bawa minuman dan makanan seperlunya.
  • Mintalah nomor Ponsel penunggu angkot sebelumya buat kesepakatan kapan anda minta dijemput.
  • Sekitaran bln. ke sepuluh penanggalan jawa, pada malam bln. Purnama, orang-orang Tengger membuat upacara Kasodo.

Estimasi Biaya Liburan ke Gunung Bromo

  • Kereta Bisis Gumarang – Jakarta – Surabaya (pasar Turi) : Rp. 210. 000
  • Sewa Angkot Pasar Turi – Bungur Asih = Rp. 5. 000
  • Terminal Bungur Asih – Arjo Sari (Malang) = Rp. 15. 000
  • Charter Elf Malang/Surabaya/Probolinggo – Pananjakan = Rp 1.200. 000, –
  • Cost sewa Jeep (Pananjakan – Kawah – Savana) = Rp 800. 000

One Reply to “Tips Trik dan Panduan untuk Liburan ke Gunung Bromo”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *